Category Archives: Batuan

Topologi Vektor di GRASS GIS

Tanya :

Bagaimana membangun topologi di GRASS GIS?

 

Jawab :

Vector –> Topology maintenance –> Create or rebuild Topology [v.build]

Di Tab Required, Nameof Input Vector Map (diisi dengan nama input)

di Tab Optional, cek/contreng –> build topology

Klik Run

image

Pengantar Pengenalan Batuan

 

Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam penginderaan jauh untuk geologi, pengetahuan mengenai pengenalan batuan juga diperlukan, berikut beberapa cara pengenalan batuan yang diambil dari ht tp://geology.about.com/od/rocks/tp/rocks101.htm.

 

Batuan beku didinginkan dari kondisi cair dan butiran-butiran mereka rekat erat. Tekstur batuan beku biasanya terlihat seperti sesuatu yang mungkin anda panggang dalam oven.

Batuan beku adalah batuan yang kuat ulet, lelehan beku dengan sedikit tekstur atau layering, sebagian besar hitam, putih dan / atau abu-abu mineral; mungkin terlihat seperti granit atau seperti lava(tentang batuan beku).

 

Batuan sedimen terdiri dari pasir, kerikil atau lumpur yang berubah menjadi batu. Umumnya mereka terlihat seperti pasir dan lumpur seperti awalnya dulu.

Batuan sedimen adalah sedimen yang mengeras bersama dengan lapisan lapisan berpasir atau berlempung; kebanyakan coklat sampai abu-abu; mungkin memiliki fosil dan airatau tanda angin (tentang batuan sedimen).

 

Batuan metamorf adalah batuan dari dua jenis pertama yang diubah oleh pemanasan dan peregangan. Mereka cenderung berwarna dan bergaris.

Batuan metamorf yang kuat ulet, dengan lapisan lurus atau melengkung (foliation) mineralterang dan gelap; berbagai warna, sering berkilauan dengan mika (sekitar batuan metamorf).

 

Pembahasan selanjutnya (Rock Struktur, bisa anda baca dulu sourcenya disini : http://geology.about.com/library/bl/images/blimageindex.htm