31 thoughts on “Ajukan Pertanyaan GIS Disini”

  1. salam admin
    saya mau bertanya
    saya dapat tugas untuk mentransformasi titik koordinat tp tidak tahu ini koordinat apa, koordinatnya sperti ini

    X Y
    3755.63 -3433.01
    3787.52 -3374.65
    3777.32 -3366.46
    3680.64 -3313.63
    3624.15 -3288.56
    3615.07 -3306.35
    3627.12 -3362.79

    mau di transformasi ke UTM, mohon bantuan dan pencerahannya. terimakasih banyak

  2. Salam Kenal Mas, saya sedang buat aplikasi GIS denan Mapserver, pMapper dan Postgis ketika dilokal dengan pc windows bisa tampil data dari Postgis namun ketika data dari postgis di restore ke server Ubuntu ketika dijalankan muncul error di log seperti ini:

    P.MAPPER Warning: no UNIQUE field specified for PostGIS table ‘public.desabdg using srid=4326 unique gid’. Trying using OID field…

    saya coba untuk dengan metode ;
    1. backup dari pgadmin kemudian di restore via console seperti data postgres umumnya
    2. convert data shp ke postgis menggunakan shp2postgis dengan sintak seperti ini :

    shp2pgsql -s 4326 desa_kab_bdg public.desa_kab_bdg | psql -d pruangkab_badg -U postgres

    namun hasilnya tetap saja. Muncul error seperti diatas padahal database sudah ditambahkan extension postgis dan postgis_topology;

    versi Postgis di server menggunakan 2.3.0 dengan Postgresql 9.4

    Semoga mas bisa membantu

    Terima Kasih

  3. bang maaf sebelumnya saya mau tanya apakah punya software linevision esrimaps untuk memunculkan video di googleearth atau arcmap bang? terima kasih maaf sebelumny

  4. Selamat pagi, perkenalkan saya agung ingin bertanya bagaimana caramya (step by step) melakukan klasifkasi citra menggunakan teknik band index vegetation pada software arcgis?

    Terimalasih atas tanggapannya

  5. Admin,
    saya pemula menggunakan Arcgis, mau tanya beberapa hal donk. Boleh ya? sebagai informasi saya biasa menggunakan autocad, saat ini mau ditransfer ke arcgis..
    1. Dalam pembuatan peta, saya membuat/mentransfer langsung file DWG ke SHP di Arcgis (10.5), kemudian saya lakukan define projection utk ke UTM WGS 84. Setelah itu jadi ga sinkron dengan file SHP lain yang sudah tersedia sebelumnya (downloadan SHP peta indonesia). Setelah saya cek beda proyeksi. Kemudian saya samakan proyeksinya. tapi saat mau diekspor pada bagian analysis map nya gagal karena error dan terjadi juga perbedaan skala katanya. Bagaimana solusinya ya??

    2. Bagaimana agar teks (annotation) bisa menjadi file tersendiri. Maksud saya cara transfer dari DWG ke SHP agar text nya terbaca.

    3. Ada panduan penggunaan arcgis khusus untuk pembuatan peta khususnya pertambangan ga ya min? Mau donk klo ada..

    Thanks..

    1. 1. anda tidak bisa semata-mata mengubah proyeksi, anda harus melakukan reprojection untuk salah satu data.
      2. tidak bisa dilakukan, shp adalah simple feature.
      3. belum ada di komunitasgis.com

    1. satu baris record dalam tabel atribut, terkait dengan satu tampilan spasial, bisa titik, garis, atau poligon,
      jika baris dalam tabel dihapus, akan berpengaruh dengan data spasialnya, untuk shp, atau shapefile.

  6. nanya bro, di pc ane ada arcgis 10.1 udah ane pake beberapa kali dan terakhir kemarin error karena afcore.dll gak ke detect akhirnya ane repair tetep gak bisa…
    trus ane copykan lagi file dllnya lagi masih tetepa gak bisa akhirnya ane uninstall (disini deh negara api mulai nyerang)
    ane coba install ulang lagi arcgisnya tapi gagal ngekracknya sepertinya masih ada registry yg nyantol (repotnya dan ribetnya disini kalo uninstall arcgis) akhirnya ane cek pake regedit di sumbernya udah ane bersihkan trus ane coba lagi dan berhasil tapi ada yang aneh Arc Administrator kagak ada alias lenyap…jadi tetap aja gak bisa jalan tuh aplikasi…kata teman ane mesti inul os pc ane biar bersih sekalian …lha upil kadal apa mesti serepot itu…ane coba install versi 9 masih sama juga gak bisa…

    mungkin ada yang tahu permasalahannya dan solusinya, thank

  7. Assalamu’alaykum
    Terimakasih atas kesempatannya utk bertanya, saat ini sya sdang menjalani penelitian skripsi utk menganalisis genangan banjir rob di pantai utara surabaya dg menggunakan metode neighbourhood analysis. Dalam penelitian yg sya jadikan refrensi yakni penelian prof aris marfa’i disana ada parameter data DEM yg memiliki ketelitian yg sangat tinggi dg interval data ketinggian yg sangat kecil. Kira2 untuk mendapatkan data DEM seperti itu bagaimana ya ? Saya sudah mencoba membuat DEM dg interpolasi data ketinggian dg metode idw namun ketika di konvert ke .tiff skalanya menjadi interval 1 m. Padahal kebutuhannya interval 0.1 m.
    Saya berharap mendapatkan jawabnnya. Terimakasih

  8. Berdasarakan apa penentuan Confidence Level/Tingkat Kepercayaan titik Hotspot (titik api) hasil dari pengolahan citra satelit Modis/Noaa?

    1. Informasi confidence level dalam hotspot sering menjadi salah kaprah, bahwa semakin tinggi nilai confidence level maka berarti itu kemungkinan bahwa itu api adalah tinggi.
      Padahal sebenarnya confidence level itu hanya menunjukkan bahwa sumber panas yang terekam sebagai pancaran panas dalam satu piksel, keberadaan sumbernya itu dalam radius resolusi spasial satelit sehingga berada dalam lingkup satu piksel itu sendiri, bukan dari sumber panas yang lokasinya terwakili piksel kiri kanannya (neighbour pixel).

  9. Kenapa saat saya selesai register peta di mapinfo, seluruh layer yg telah dibuat sebelumnya tampilannya menjadi memanjang seperti garis, misalnya layer kepulauan semula seperti pulau-pulau tampilannya jadi seperti garis lurus saja,, begitu pula dengan layer lainnya

    1. ini terjadi biasanya karena ada kesalahan pengisian koordinat, sehingga gambar terstretch,
      perhatikan titik koma tanda decimal, sesuaikan dengan setting komputer pengisiannya,
      apakah koma dalam komputer tersebut, menggunakan titik atau koma.

    1. header atribut dalam kolom, tidak bisa diganti, alias bisa ditambahkan, tapi nama kolom tidak bisa.
      atau anda buat kolom baru lagi, dengan spesifikasi yang sama dengan kolom sebelumnya, dan calculate isinya, agar mendapatkan data yang sama dari colom lama ke kolom baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *