Setelah dissolve jumlah feature berkurang

Tanya :
Aku sedang mencoba menghitung luas suatu area hasil interpretasi citra. Jumlah feature dalam vektor yang kami akan hitung lebih dari 300 ribu polygon, aku reklasifikasi dengan jumlah yang lebih sederhana (20-an) dan aku dissolve. Sayangnya, tabel hasil dissolve itu hanya menunjukkan jumlah klas (20-an), bukan jumlah feature (sekitar 300 ribuan). Apa betul kasus tersebut lantaran topology yang belum kubangun?
Mungkinkah ArcGIS membangun topology pada 300 ribu polygon (seingatku ArcInfo hanya 100 ribuan)? dan, bagaimana membangun itu (topology)?

Jawab :
Betul itu memang masalah topologi, tapi bukan berarti topologi anda belum terbangun. Ketika 300 ribu feature menjadi 20 klas feature , berarti topologinya berubah dari single polygon menjadi multi polygon. Caranya mudah tinggal di explode, poligon anda akan kembali dari 20 menjadi 300 lagi.
Caranya, kalau tools di arcgis dapat menggunakan Multipart to Singgelpart. bisa dicari di arc toolbox dari Data Management Tools – Feature – Multipart to Singlepart.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *