Buka MXD dan muncul tanda seru ” ! ” pada data

Tanya :
Bagaimana caranya agar data kita yang tersimpan dalam folder tetap tidak berubah, karena jika data shp kita buat dalam sebuah folder dan di buka pada komputer lain akan muncul tanda seru ” ! ” saya menggunakan arcgis.

Jawab :
1. Agar Anda dapat berbagi peta ArcMap (MXD) dengan pengguna GIS lainnya, Anda perlu juga menyediakan data spasialnya bersama MXD tersebut.

2. Kalo di pindahin usahakan directorynya harus sama, misalnya kalo file awal disimpan di drive D:, maka data kalo mau dipindahin juga harus di drive D:.

3. Ketika kita men-save project mxd-nya,kita tinggal set document propertiesnya, coba masuk ke :
file==>document properties==>data source option==>aktifkan/pilih “store relative path names to data source”.
Kemudian baru kita save project mxd.
Asalkan data kita di save dalam satu folder dengan project/mxd-nya ada di folder itu, ketika di copy ke kompter lain data-data yang ada dalam mxd akan langsung terbuka.

4 thoughts on “Buka MXD dan muncul tanda seru ” ! ” pada data”

  1. Jika sudah terlanjur bagaimana?
    1. Cara paling mudah adalah menyesuaikan kembali tata letak file dan folder, (khusus file data arcgis saja)seperti kondisi dimana document mxd anda saat dibuat.
    2. klik kanan pada layer yang muncul tanda !,
    pilih properties, pilih tab source, kemudian anda isikan kembali ke data anda di alamat folder yang baru, dengan klik browse, dan ok. Cara ini akan cukup lama, tergantung berapa banyak data lokasi yang akan diubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *