Untuk membuat GRID vector di QuantumGIS, Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Klik Menu Pulldown : Vector, Pilih Research Tools, muncul daftar tool, klik vector grid.

2. Jendela Grid Vector muncul, kemudian tentukan layer mana yang akan menjadi acuan, klik pada daftar layer dalam sub kotak Grid Extent.

3. Anda dapat menentukan apakah grid berdasarkan extent dari layer, dengan klik “update extent from layer” atau berdasarkan extent dari canvas dengan klik “update extent from canvas”.

Layer adalah data spasial anda yang ditampilkan gambarnya di Canvas, dan namanya terdapat dalam Tabel Of Content (TOC) yang biasanya terletak disebelah kiri di jendela QGIS.

Canvas adalah tempat bagian dari aplikasi QGIS, dimana data spasial di render untuk ditampilkan.

4. Dalam Parameter, anda perlu mengisikan seberapa lebar grid dibuat, satuannya disesuaikan dengan sistem koordinat layer, anda dapat membuat seperti persegi panjang, dengan hilangkan tanda contreng/cek/centang pada “Lock 1: 1 Ratio”, atau tetap di contreng jika menginginkan grid yang simetrik.

5. Anda dapat membuat hasil sebagai tipe feature poligon, atau tipe feature garis/line, dengan klik Output as polygon, atau Output as Line.

6. Tentukan nama file shapefilenya, dan klik OK.

7. Anda selanjutnya akan ditawari, apakah akan ditampilkan di TOC hasilnya atau tidak. Anda bisa pilih salah satu, jika ingin melihat hasil pilih ya, ditampilkan.

8. Selesai.

Tagged with: gridQuantumGIStiptoolvector
 

6 Responses to Membuat GRID di QGIS

  1. Taufiq says:

    Terimaksih banyak..postingan anda sangat membantu saya.

  2. Taufiq says:

    Saya punya masalah ketika mengentri titik GPS dalam bentuk desimal yang selalu melenceng ketika dioverlaykan dengan peta. Kira-kira bagaimana cara mgoverlay titik langsung dari GPS tanpa harus diketik di excel terlebih dahulu?
    terima kasih.

    • admin says:

      Anda bisa gunakan software-software pengolah data GPS yang freeware seperti DNR-GPS dari minnesotta University, langsung terkonversi dari gps menjadi gambar peta, baik titik atau garis tergantung dari tipe data anda.

  3. civer says:

    sy mau tanya untuk yang masalah grid peta .shp
    kalo misalnya ngegrid itu apa lama sih ?
    saya nyoba ng-grid peta pake quantum gis dr tutorial di atas

    tp kok lama banget ya ng-grid nya sampek not responding terus force close dan gk pernah suses sampek sekarang dan file hasil gridnya kok besar bnget sampek 1.5 G padahal itu belum selesai masih gagal.
    apa kalau ng-grid itu ada sarat2 yang perlu disiapkan shp-ny misalnya .shpnya harus isi tabelnya bener dsb

    • admin says:

      mungkin extent anda terlalu lebar, sehingga grid yang dihasilkan akan banyak sekali, kalau sampai 1,5 GB besar sekali itu, coba perhatikan isian extent anda.

  4. civer says:

    jadi ketika saya klick OK pada step k 6
    langsung not responding langkah k 7 tidakmuncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera